Pages

Kamis, 17 Desember 2015

Katyusha

*perhatian: ini bukan tulisan tentang lagunya AKB48*


Entah, karena pengaruh film atau bacaan untuk bahan skripsi, sudah dari 2 bulan yang lalu saya jadi demen dengerin lagu-lagu rakyat dan lagu-lagu patriotik Rusia macam moscow night, dark eye, kalinka, katyusha, dan sacred war. Temen saya sampe bilang "Le, lu lama-lama jadi komunis beneran le", hahahaha. Kalem, lagunya ga memuat propaganda marxis-leninis kok (IMO) lebih berisi ke ajakan bela negara (  kecuali Internationale ya ;)  ), tapi mungkin karena pas denger di yutub terpampang palu-arit yang gede, makanya temen saya jadi komen gitu ya. 

Oke, jadi karena itulah, di malam yang dingin yang seharusnya digunakan untuk revisian skripsi ini, saya malah nyoba menterjemahkan lagu rakyat Rusia yang berjudul Katyusha ini. Lagu ini dibuat ketika perang dunia ke II berlangsung (atau The Great Patriotic War, kalo kata orang Rusia) dengan tujuan untuk nge-boost semangat tentara merah yang banting tulang berjuang membela Motherland (pernah nonton Enemy at the Gates? Yoi bro, itu salah satu gambaran "banting tulang" nya). Katyusha cenderung lebih mendayu-dayu dibanding dengan Sacred War yang lagu mars yang semangat berapi-api. Emang tujuannya langsung ke hati, memainkan memori dan perasaan.

Anyway, berikut adalah terjemahan bebas dari saya. Nama Katyusha saya ganti dengan Katrina supaya lebih akrab didengar telinga lokal.


Katrina (Katyusha)

Pohon-pohon apel dan pir bermekar ramai
Kabut mengapung di atas riak sungai
Di tepi, Katrina melangkah pergi
Di tepi sungai yang tinggi

Melangkah sambil mendendangkan tembang
Tembang tentang kelabu sang elang padang
Berlagu tentang kekasih tersayang
Kekasih yang suratnya ditimang

Oh tembang, dendang gadis yang bertembang
Terbanglah kepada surya yang terang
Teruntuk pahlawan di garis depan
Bawalah salam Katrina yang menawan

S'moga kau terkenang gadis lugu ini
Dan mendengar merdu sang gadis bernyanyi
Semoga kau lindungi sang Pertiwi
Dan Katrina lindungi cinta ini


daaaaan, saya buatin soundcloudnya sodara-sodara, bisa didengerin di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar